Menyingkap Sejarah Jam Kuno

Waktu adalah saat orang menghabisi atau melewati aktivitasnya. Pernahkah Anda memikirkan bagaimana orang jaman dulu membedaan waktu yang secara detail? Kali ini Iqbal akan membahas tentang menyingkap sejarah jam kuno. Sejak dahulu semua orang membedakan waktu dengan cara melihat matahari, namun hal ini tidak begitu akurat karena jika terjadi mendung maka waktu tidak dapat ditenntukan. Tahukan anda di zaman dahulu orang-orang kuno dapat menentukan waktu secara tepat dan akurat? Berikut ini akan saya berikan penjelasan mengenai sejarah jam serta perkembangannya sampai dengan jam-jam modern yang kita pakai pada saat ini.

Jam Kuno
Jam Kuno
Kata “Jam” telah digunakan pada abab ke-14 sekitar 700 tahun silam. Kata “jam” ini berasal dari bahasa Latin yaitu “Clocca”. Jam Matahari adalah jam tertua atau biasanya disebut jam Sundial adalah jam yang pertama kali digunakan sekitar 3500 sebelum Masehi. Sungguh jam yang benar-benar tua.

Sundial terdiri dari beberapa jenis, yaitu sundial horosontal, vertical, ekuatorial dan meridian. Masing-masing sundial memiliki aturan tersendiri dalam pembuatannya. Prinsip kerja jam ini yaitu dengan menunjukkan berdasarkan letak matahari dengan cara melihat bayangan matahari.

Jam Kuno
Sekitar 5.000-6.000 tahun yang lalu, orang Mesir mengukur waktu dan membuat kalender dengan menggunakan obelisk. Pada tahun 1400 SM orang Mesir juga menggunakan jam air yang diberi nama Clepsydra. Jam air paling canggih pertama kali ditemukan di zaman kejayaan Islam yang dibuat oleh Al-Jaziri pada tahun 1136-1206 yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara ditiap jam. Jam astronomi terbesar yang dibuat Al-Jazari disebut Castle Clock, yang dianggap menjadi analog komputer terprogram pertama.

Jam Kuno
Jam Pasir ini muncul pada tahun 1400 sebelum masehi yang berdasarkan peninggalan di kuburan Amenhoterp I, peninggalannya yaitu berupa bejana kecil yang memiliki lubang pada bawahnya yang gungsinya untuk meneteskan air yang ada pada dalam bejana tersebut.

Begitulah jam-jam kuno jaman dulu, agak sulit memang menentukan waktu yang akurat pada jaman dahulu, bersyukurlah kita hidup di jaman yang serba teknologi saat ini, dan bisa menentukan waktu hanya dengan melihat jam tangan yang Anda gunakan atau jam pada handphone Anda. Cukup sekian Artikel tentang Menyingkap Sejarah Jam Kuno, semoga Artikel ini bisa menambah informasi Anda.

Artikel Terkait

Related Posts:

1 Response to "Menyingkap Sejarah Jam Kuno"

  1. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan dalam web ini, snagat bermanfaat bagi saya :)

    ReplyDelete